Rabu, 03 Februari 2016

CARA STAMPING DIATAS KULIT/EMBOSS KULIT

Stamping diatas kulit sama sekali tidak perlu pemanas... yang penting bahannya benar milihnya. karena ada banyak pemula yang keliru dengan masalah ini maka ada baiknya saya jelaskan lebih jelas sbb :
Pertama : anda harus memilih bahan kulit yang benar yaitu "vegetable tanned" leather.
Leather ... tentunya diproses melalui proses Penyamakan kulit (Tanning process). prosesnya macam macam antara lain adalah "vegetable tanned" dan chrome tanned.
Vegetable tanned : adalah proses penyamakan kulit yang paling traditional menggunakan bahan bahan tanaman (sebetulnya menggunakan tree bark bukan sayuran). ini adalah proses paling traditional, dan paling mahal.
Chrome tanned : adalah proses penyamakan kulit yang menggunakan bahan bahan kimia dengan proses modern, hasilnya lembut dan bisa bermacam macam warna.
Nah... untuk proses Carving / Stamping... hanya bisa menggunakan kulit sapi yang melalui proses "vegetable tanned" saja.
prosesnya ?
1. Pilih kulit yang jenis "Vegetable tanned" , biasanya didapat di toko yang menjual bahan kulit untuk sepatu. warnanya biasanya natural (beige) ada juga yang putih.
contohnya spt ini (klik disini)
2. Setelah anda potong sesuai keinginan, basahi kulit ini dengan air. (jangan direndam.. nanti kelewat basah jadi kelewat empuk)... cukup gunakan spons yang dibasahi air.. lalu bagian atasnya di gosok dng spons tsb agar cukup basah .
3. Tunggu sebentar, sekitar 15 - 20 menit agar air agak meresap (tergantung tebal kulit juga)
4. Dalam keadaan lembab.. kulit ini bisa di stamping atau di carving.
tidak perlu tekanan banyak banyak.. cukup gunakan palu kayu / karet untuk memukul alat stamping tsb keatas kulit yang sudah basah tsb.
5. juga .. dalam keadaan basah / lembab , kulit ini bisa dibentuk (ditekuk, ditarik dsb)
6. Kalau sudah kering... maka bentuk atau hasil stamping tadi ... akan permanen.. tidak hilang.
7. Selanjutnya.. tentu saja anda harus memberi warna atau finishing akhir untuk menutup pori pori kulit tsb agar tidak bisa meresap air lagi.
Nah... dari penjelasan diatas anda bisa lihat... bahwa kulit yang punya sifat spt ini hanya kulit jenis "vegetable tanned" saja.
kulit lain (misalnya untuk sofa atau jog mobil) yang biasanya empuk... tidak bakalan bisa dibuat ini.
dulu.. kita pernah buat semacam video sederhana, biarpun bukan mengenai stamping , namun bisa menjelaskan bahwa Vegetable tanned leather bisa di tekuk tekuk




\

KONTRAKTOR HURUF TIMBUL TANGERANG

CONTACT PERSON 081316140397 atau 087808890027

 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top